Thursday, March 16, 2006

"mas internetnya down ya?"

hari ini koneksi internet di kantor down, selain user tidak bisa browsing mereka juga tidak bisa mendapat email dari eksternal, yang pasti banyak komplain dari user demgan alasan pekerjaan mereka jadi tertunda, karena beberapa email kerjaan tidak ada yg masuk.

sepagian saya berada di ruang server yang suhu kamarnya 10 derajat celsius (lumayan membuat saya keluar masuk kamar mandi utk buang air kecil) ternyata setelah di selidiki dari setiap koneksi di proxy server dan jaringan wan akhirnya ketahuan inti dari permasalahanya yaitu pada sisi router, yang ternyata lampu indikator pada e0 tidak menyala

lalu saya konfirmasikan ke pihak isp, untuk menanyakan status dari link koneksinya, apakah mungkin ada perubahan atau update konfigurasi yang mengakibatkan link di sisi saya bermasalah, mereka pun coba beberapa skenario test dial dari line kita ke jaringan ispnya, skenario test bisa kita lakukan karena ispnya berada di satu gedung dengan perusahaan saya,

kemudian dari hasil penyelidikan bersama pihak isp, ternyata kerusakan terjadi pada kabel rg45, jadi ada beberapa kabel di rg45 yang putus yang menyebabkan paket data tidak terkirim ke jaringan kita, putusnya kabel mungkin bisa disebabkan digigit tikus, atau ada gesekan dari beberapa kabel tarikan baru, akhirnya mereka memutuskan untuk mengganti head creampingnya,

setelah head rj45 dibuat baru, kita coba untuk melakukan testing koneksi kembali, alhamdulillah tidak lama kemudian koneksi internet dapat berjalan normal kembali, dan dibutuhkan waktu 4 jam untuk solving dari koneksi internet tersebut , sehingga untuk bulan ini reportt SLA kita tidak bisa mencapai 99.9% available

(sok formal ya... lucunya problem tersebut ketahuan ketika ada user yg bertanya kepada saya "mas koneksi internetnya lagi down ya?, kok saya gak bisa borwsing nih"
hehehe....)

By Unknown with No comments

0 komentar:

Post a Comment